HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.221.75.115
Pengunjung : 496.490






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Berita Kegiatan :



Pelatihan Matematika Nalaria Realistik

Senin; 23 April 2018 [Admin, SD TARAKANITA 5 JAKARTA] - Berita Umum

    Pada hari Sabtu, 21 April 2018 para guru SD Tarakanita 5 mengikuti Pelatihan Matematika Nalaria Realistik dengan nara sumber Bapak Asep Sapa’at, S.Pd dan Bapak Ryky Tunggal Saputra Aji, S.Pd dari Klinik Pendidikan Mipa. Pelatihan diikuti oleh 32 orang guru kelas dan guru bidang studi.
    Acara berlangsung dari pukul 08.00- 15.30 WIB . Acara diawali dengan doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Tarakanita, dilanjut materi 1 yaitu Cara Berpikir Suprarasional. Pada sesi ini nara sumber menceritakan pengalaman selama memberi pelatihan dari Aceh – Papua, yang pada intinya kita diajak untuk sering melakukan kebaikan tanpa berpikir nanti akan mendapat apa dari yang kita telah lakukan. Dari seringnya berbuat kebaikan dari pengalaman hidup Bapak Asep ini, beliau sering mendapat rejeki atau kemudahan-kemudahan dalam hidup yang tanpa diduga-duga. Materi 2 yaitu Metodologi Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik yang disampaikan oleh Bapak Ryky. Bapak Ryky mengajak para guru saat mengajar matematika para siswa dibuat senang dulu, jangan beri soal yang susah berilah soal yang mudah dulu agar timbul rasa percaya dirinya. Berilah latihan tetapi jangan terlalu banyak. Berilah soal-soal yang melatih siswa menggunakan nalarnya/logika. Misalnya Rafa mempunyai uang Rp 10.000,00, ia membeli buku tulis dengan harga Rp 6000,00. Berapa kembalian yang diterima Rafa? Jawabannya kembalian yang diterima Rafa Rp 4000,00. Bila ada anak yang menjawab Rafa tidak menerima kembalian, kita tanya alasannya dulu, jika alasan karena Rafa membayar dengan uang pas Rp 6000,00 boleh juga dan sisa uangnya Rp 4000,00. Karena Rp 10.000,00 bisa terdiri satu lembar uang sepuluh ribuan, dua lembar uang lima ribuan, lima lembar uang duaribuan, sepuluh keping uang seribuan, atau dua puluh keping uang lima ratusan.
     Dengan adanya pelatihan ini para guru merasa diingatkan lagi, bahwa kemampuan siswa itu berbeda-beda jadi guru harus lebih sabar dan telaten saat mendamping siswa. Bahkan kalau perlu ditambah waktu belajarnya, setelah pulang sekolah khusus bagi siswa yang kurang memahami pelajaran. Semoga dengan adanya pelatihan ini para guru semakin bersemangat lagi saat mengajar terutama pendampingan bagi siswa yang kurang dan perlu perhatian lebih dari guru.






Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :