HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.232.51.247
Pengunjung : 803.402


Newsflash :
PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |                         |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU, MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA.             |                         |             PROFICIAT KEPADA TARAKANITA WILAYAH TANGERANG YANG TELAH MERAIH JUARA UMUM DALAM OSTARNAS IV DI YOGYAKARTA 13-15 NOVEMBER 2019.             |                         |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |            

Berita Kegiatan :



Kompetisi Greenmech dan Robotic 2019

Senin; 03 June 2019 [Admin, SD TARAKANITA 5 JAKARTA] - Berita Umum

Kompetisi Greenmech dan Robotic diselenggararakan oleh Rumah Edukasi di hari Sabtu, 11 Mei 2019 di Universitas Tarumanegara Jakarta. Tim SD Tarakanita mengirimkan 6 tim, yang terdiri dari 3 team greenmech dan 3 tim robotic termasuk robotic junior. Perwakilan tim dari anak-anak kelas 2, 3, 4, dan 5. Khusus robotic junior dari kelas 2, 3, dan 4. Pertandingan ini bersifat nasional karena beberapa waktu lalu kami sudah menang di tingkat Jakarta.

GreenMech adalah sebuah kompetisi membuat struktur mekanika Rube Goldberg Machine yang menyenangkan yang menghubungkan berbagai fungsi dari mekanika dan green energy melalui operasi yang kompleks untuk menyelesaikan tindakan yang sederhana.

Sedangkan R4M adalah sebuah kompetisi merancang robot menggunakan prinsip saintifik berbasis STEAM dan membuat program coding agar robot dapat menyelesaikan misi, dimana misi kompetisi regional kali ini adalah untuk memindahkan makanan dari tempat penyimpanan makanan ke kandang-kandang yang telah ditentukan. Kompetisi ini untuk menginspirasi kemampuan aplikasi programming dan kreativitas serta melatih teknik manipulasi dan kemampuan menggerakkan robot.

“Robot merupakan alat bantu untuk kehidupan kita sehari-hari, kita adalah perancang dari robot yang bermanfaat dalam hidup kita, jangan merancang robot yang dapat merusak alam.  Robot tidak boleh menggantikan manusia sebagai perancang yang mengendalikan robot.” Ujar Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan saat membuka acara, Sabtu (11/5) di kampus Untar.  Turut hadir Kepala PBKP Meiske Yunithree Suparman, M.Psi.

Kompetisi ini menggunakan prinsip saintifik yang mengkombinasikan lima aspek pembelajaran dan perkembangan yang dikenal dengan istilah STEAM yaitu Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics dan dibagi dalam tiga kategori, yaitu kelompok Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Tujuan dari kompetisi adalah mendorong semangat kreativitas dan kerja sama tim dalam menyelesaikan masalah melalui brainstorming dalam membuat sebuah konstruksi bangunan mekanika dimana setiap tim terdiri dari 4 siswa/i, menginspirasi peserta untuk menghargai aplikasi saintifik dan mengembangkan pendidikan sains yang kreatif dengan menggabungkan pemikiran yang kreatif ke dalam struktur bangunan sehingga peserta dapat mengaplikasikan teori sains dan kreativitas dan dapat  mendemonstrasikan hasil dari pendidikan sains yang kreatif.

Kompetisi ini juga menanamkan semangat kerja sama tim dimana setiap tim terdiri dari 3 - 4 orang dan setiap orang memiliki peranan masing-masing yang saling membantu menyelesaikan misi tersebut. Setiap tim dibebaskan membuat berbagai macam model robot sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan oleh panitia dan dapat menggunakan berbagai macam perangkat untuk mengoperasikan robot tersebut, seperti smart phone, pads, laptop. Kompetisi R4M yang inovatif ini merefleksikan kolaborasi “human-machine” dan membuat kompetisi ini berbeda dengan kompetisi robot lainnya.

Puji Tuhan SD Tarakanita 5 mendapat prestasi yang membanggakan, ada 4 tim yang mendapat juara. Tim 1 R4m SD Tarakanita 5 yang mendapat juara harapan 2. Tim 2 Greenmach SD Tarakanita 5 mendapat juara ke 3 dan Team Carlo greenmech 1 mendapatkan juara harapan 5, dan Team Carlo Greenmech 3 mendapatkan juara 2 (silver).

 

Tim ini akan bertanding lagi mengikuti kompetisi tingkat dunia di Taiwan pada 1 Agustus 2019.







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :